(0291) 4246170
smknumaarif2kudus@yahoo.id
Jl. Siliwangi Gg.I No.99 Jekulo Kudus
KREATIFITAS PENYAMPAIAN MATERI
blog-img
01/01/2023

KREATIFITAS PENYAMPAIAN MATERI

Ali Ribowo | Guru Menulis

Kita bisa membaca dan menulis, guru yang mengajarkan. Kita dapat menduduki jabatan tertentu, guru jugalah yang mengantarkannya. Semua itu bisa terjadi karena kreativitas guru yang mampu menyampaikan pembelajaran dan informasi secara tepat.

Sekretaris jurusan keahlian TKJ Shaud Shoheh memberikan beberapa pengalamannya kepada tim redaksi cloud tentang kreativitas penyampaian mengajarnya di dalam kelas.

Pertama, menyampaikan cerita (story telling) ini terbukti sangat efektif karena hampir semua orang suka mendengarkan orang bercerita. Murid mungkin lupa denganpesan atau data-data atau pesan lain yang anda sampaikan, tapi mereka selalu teringat dengan cerita kita.

Kedua, analogi. Untuk menjelaskan hal-hal yang sulit dimengerti oleh murid tertentu, maka penggunaan analogi menjadi sangat membantu. Guru bisa menganalogikan pesan dengan sesuatu yang paling familiar  dengan murid. Sehingga mereka jadi lebih mudah memahaminya.

Ketiga, terminologi. Di dalam KBBI terminologi adalah peristilahan atau ilmu mengenai Batasan atau definisi istilah. Penggunaan terminology yang relevan dengan topik yang anda bicarakan akan menjadi nilai lebih.

Beliau juga menambahkan bahwa guru tak sekadar profesi dengan tugas mengajar di kelas, memberi nilai, berseragam rapi saja. Tapi juga harus sanggup mengontruksikan diri sebagai panutan bagi murid. (AI)


 

Bagikan Ke:

Populer