(0291) 4246170
smknumaarif2kudus@yahoo.id
Jl. Siliwangi Gg.I No.99 Jekulo Kudus
AKSI DONOR DARAH PMR WIRA SMK NU MA’ARIF 2 KUDUS SUKSES WUJUDKAN KEPEDULIAN SOSIAL
blog-img
09/02/2023

AKSI DONOR DARAH PMR WIRA SMK NU MA’ARIF 2 KUDUS SUKSES WUJUDKAN KEPEDULIAN SOSIAL

Ali Ribowo | Berita

KUDUS, MADAKU – PMR Wira SMK NU Ma’arif 2 Kudus  baru saja  menggelar acara donor darah pada Rabu (08/02), bertempat di gedung serbaguna SMK. Acara ini didukung penuh oleh Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai tim medis yang bertugas mengumpulkan sumbangan darah dari para pendonor.

Acara tersebut merupakan bentuk kerjasama PMR Wira bagian program dari unit bakti masyarakat bersama dengan petugas Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kudus, yang diikuti oleh warga sekolah maupun kalangan masyarakat luar yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pelaksanaan donor darah ini memiliki tujuan tersendiri bagi para anggota PMR Wira yaitu untuk mencetak kader-kader donor darah di SMK NU Ma'arif 2 Kudus, serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama dalam membantu memenuhi kantong darah yang nantinya bisa diberikan kepada pasien yang membutuhkan.

Selain itu terdapat hal yang turut mendukung antusiasme partisipan pendonor darah, salah satunya ialah pemeriksaan darah secara gratis meliputi pengecekan kadar hemoglobin, seperti yang diungkapkan ifa Nursalina siswi XII TKJ 2 selaku peserta donor darah.

Antusias kegiatan ini pun dirasakan oleh Muhammad David Maulana Ibrahim siswa XII TP 2. Ia mengungkapkan bahwa ia menantikan kegiatan donor darah yang diadakan oleh PMR Wira SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Karena baginnya kegiatan ini merupakan wujud nyatannya dalam kepedulian sosial terhadap sesama.

Dian Ayuningtyas selaku pembina  PMR Wira SMK NU Ma’arif 2 Kudus menuturkan bagaimana pelaksanaan dari kegiatan ini, dari registrasi sampai screening pendonor. Di ruangan donor darah, peserta akan melewatkan tiga pemeriksaan. Kalau misalnya di pemeriksaan yang pertama peserta tidak lolos, maka dia tidak bisa didonorkan darahnya. Kalau misalnya peserta lolos dalam ketiga pemeriksaan, maka bisa diambil darahnya.

“Teknis kegiatannya sendiri dari PMR Wira dimulai dari mensosialisasikan program donor darah, fungsi donor, dan kriteria pendonor di kelas-kelas karena target utama adalah siswa dan siswi kelas XII. Selanjutnya, anggota PMR mendata peserta donor darah, menembusi pihak PMI, sehingga terlaksanalah program donor darah tersebut” Ungkap beliau

Dian Juga menambahkan kegiatan donor darah merupakan wujud pelaksanaan program kerja PMR Wira dibidang sosial. Peserta meliputi tenaga pendidikan, guru dan  siswa-siswi SMK NU ma’arif 2 Kudus, serta adapula siswa-siswi dari sekolah lain ikut serta dalam kegiatan donor darah ini.

Harapan dari beliau dalam kegiatan ini adalah agar nantinya donor darah dapat menjadi agenda rutin di SMK NU Ma'arif 2 Kudus sebagai pencetak kader-kader donor darah dimasa depan nantinya. (Al)

Bagikan Ke:

Populer