Peluang Kerja Teknik Pemesinan

Teknik Pemesinan merupakan ilmu yang mempelajari aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin, manufaktur, analisis suatu mesin,dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang ada. Setiap hari berbagai mesin digunakan untuk membantu kehidupan manusia, seperti mesin pabrik, kendaraan motor, serta mesin yang bisa menjalankan dirinya sendiri (robot). Oleh karena itu lulusan teknik mesin sangat dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan besar.

Selain peminat dari jurusan teknik mesin yang banyak, ternyata sarjana teknik mesin mempunyai peluang untuk bekerja di berbagai bidang pekerjaan. Berikut ini merupakan prospek kerja teknik mesin yang perlu anda ketahui.

Perusahaan dan Industri

Perusahaan tentu membutuhkan seorang engineer teknik mesin untuk mengendalikan pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi menggunakan mesin – mesin dalam pabrik untuk dipantau. Perusahaan yang membutuhkan teknik mesin antara lain PT. UNILEVER, PT. PLN, Yamaha, Astra, dll.

Pertambangan

Suatu perusahaan tambang tentu membutuhkan ahli mesin untuk mengendalikan seluruh proses baik pengambilan dan pengolahan dari bahan tambang. Sehingga engineer teknik mesin dibutuhkan dalam hal ini baik di perusahaan nasional maupun internasional, seperti PT. Pertamina, Chevron, Freeport, dll.