Lima Teknologi Canggih Mobil pada 2017

Banyaknya mobil baru juga mendorong kemajuan teknologi yang dikembangkan oleh produsen otomotif global. Bukan hanya untuk menunjukan kecanggihan saja, tapi juga diciptakan untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi penggunanya.

Beberapa teknologi-teknologi dibuat sejalan dengan misi kendaraan di masa depan, yakni ramah lingkungan dan memiliki tingkat keselamatan tinggi. Semangat ini tentu tidak lepas dari misi keselamatan jalan raya yang gencar dikampanyekan oleh negara-negara berkembang.

Dilansir dari Carbuzz, ada lima teknologi yang diprediksikan siap menjadi fitur standar di beberapa mobil ternama pada 2017. Masing-masing memiliki kecanggihan tersendiri, seperti;

– Self Parking

Fitur parkir otomatis membantu meringankan kerja pengendara(carbuzz.com)

Meski bukan fitur baru, tapi tren teknologi parkir otomatis yang pertama kali di perkenalkan oleh BMW seri 7 ini, kini banyak diaplikasi oleh beberapa merek ternama. Mulai dari VW Passat, Toyota Prius, bahkan sampai Ford Focus yang dulu kehadirannya sempat ramai di Indonesia.

– Komposit Ringan

Pengurangan bobot kendaraan tengah menjadi tren yang saat ini dikembangkan. Banyak produsen otomotif yang mulai mencari formula untuk menciptakan kendaraan dengan bobot yang ringan agar penggunaan bahan bakar bisa ditekan.

– Emergency Brake

Sistem pengereman otomatis membantu menekan angka kecelakaan.(live.landrover.co.uk)

Teknologi rem darurat otomatis menjadi perhatiaan penting di Amerika. Bahkan badan keselamatan dan keamanan jalan raya (NHTSA) menghimbau agar semua mobil dan truk ringan di Negeri Paman Sam tersebut sudah dilengkapi fitur ini guna menekan angka kecelakaan.

– Sistem elektrik 48 Volt

Fitur ini menjadi teknologi terbaru yang dikenalkan Mercedes-Benz. Salah satu fungsinya adalah untuk menggantikan sistem 12 Volt yang dinilai kurang memberikan kontribusi terhadap efesiensi bahan bakar serta kebutuhan tenaga di sektor mesin.

– Gril Shutter

Sistem aerodinamika yang memungkinkan gril terbuka saat mobil membutuhkan asupan udara lebih banyak.(carbuzz.com)

Canggihnya perkembangan mobil listrik, mendorong beberapa produsen mobil untuk menerapkan salah satu teknologi canggihnya, yakni gril yang memiliki kemampuan buka tutup secara otomatis.

Salah satu kegunaan fitur ini adalah untuk memberikan asupan udara secukupnya ke ruang bakar.Suplai udara akan disesuaikan dengan kebutuhan, hal ini diklaim mampu berkontribusi pada penekanan efesiesi bahan bakar.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2017/01/04/102300015/lima.teknologi.canggih.mobil.pada.2017